Tips Mengecek Akun yang Terindikasi Sebagai Spam
Salah satu kendala yang sering terjadi pada email server adalah adanya flooding spam, flooding spam akan melakukan pengiriman email spam dalam jumlah massal oleh salah satu atau beberapa account email. Jika dibiarkan, flooding spam ini akan sangat mengganggu pengiriman email akibat penuhnya trafik antrian email. Selain itu, flooding spam ini juga bisa berakibat fatal terhadap mail server karena IP public mail server akan diblacklist oleh server tujuan dan beberapa layanan RBL (Relay Block List).
Flooding spam ini bisa terjadi karena beberapa faktor, yang terbanyak adalah akibat phising email alias email palsu yang di klik. Misalnya email palsu pemberitahuan over kuota yang meminta isian user name dan password.
Sebagai tindakan awal untuk menghentikan pendarahan yang terjadi, berikut adalah beberapa tips menangani email server berbasis Zimbra yang melakukan spamming :
su – zimbra -c “mailq”
Perhatikan nama sender/pengirim spam. Jika namanya menggunakan alamat email dengan nama domain kita, catat nama account tersebut Ada kalanya spammer menyembunyikan account yang digunakan untuk melakukan spamming. Jika demikian, lakukan pengecekan dengan cara SSH ke server dan jalankan perintah :
tail -f /var/log/zimbra.log | grep sasl_method
atau
cat /var/log/zimbra.log | grep sasl_method
Account yang banyak sekali tampil dan tidak normal (misalnya setiap detik mengirim email) kemungkinan besar adalah account yang terkena hack dan digunakan oleh spammer untuk mengirim email spam. Contoh log :
Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1417]: 5EE321F183E: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1410]: 5EED620ED08: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1407]: 5EFDD20ED09: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1413]: 5F1A520ED0A: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1400]: 7774920ED0B: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1414]: 80E4620ED0C: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1418]: 8DE6120ED0D: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1405]: 9113820ED0E: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1404]: 915B320ED0F: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1412]: B0E651DA306: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id Apr 21 23:24:23 mail.excellent.id postfix/smtps/smtpd[1406]: B0FC620ED10: client=unknown[212.212.212.212], sasl_method=LOGIN,sasl_username=vivianchow@excellent.id
MENGATASI MASALAH
Untuk mengatasi masalah, prosesnya dibagi kedalam beberapa tahapan, yaitu :
- Menghentikan pendarahan (menghentikan email spam dibuat lagi)
- Mengecek perubahan
- Hold email spam
- Release email normal
- Menghapus email spam
- Menghentikan email spam baru
Untuk menghentikan email spam baru dibuat terus menerus, lakukan perubahan password account yang terkena hack. Hal ini bisa dilakukan via Zimbra Admin atau bisa juga dengan perintah konsole (hak akses root) :
su – zimbra -c “zmprov sp vivianchow@excellent.id PasswordYangLebihKuatTermasuk4n9k4Dan&S!mbol”
Mengecek Perubahan
Jika suatu account terkena hack spam, biasanya ada beberapa perubahan yang terjadi. Buka webmail dengan user name account tersebut kemudian pilih tab preferences dan check beberapa item, antara lain :
- Tab Account, berisi nama dan alamat reply-to
- Signature
- Draft email
- Sent Items
- Trash Email
- Forwarding
Hold Email Spam
Agar pengiriman email tidak terganggu, lakukan hold terhadap seluruh email, baik yang terindikasi normal maupun spam. Caranya, SSH ke server kemudian jalankan perintah berikut :
/opt/zimbra/postfix/sbin/postsuper -h ALL
Tunggu beberapa saat karena proses hold akan butuh waktu, apalagi jika antrian email banyak sekali.
Release Email Normal
Setelah email dihold, semua email baru akan berjalan lancar. Meski demikian, ada kemungkinan beberapa email normal ikut terkena hold. Untuk merelease-nya, buka Zimbra Admin | Monitor | Mail Queue | Nama Server | Held. Pilih account yang terindikasi normal (bisa dilihat, sendernya dan tujuannya juga normal), kemudian klik kanan dan pilih menu Release
Menghapus Email Spam
Menghapus email spam bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu :
- Buka Zimbra Admin | Monitor | Mail Queue | Nama Server | Held. Pilih account yang terindikasi spam (bisa dilihat, sendernya bukan domain resmi, tujuannya juga biasanya banyak, ke hotmail/yahoo/gmail dan abnormal). Jika email yang dihold ada ribuan, puluhan ribu atau ratusan ribu, tunggu sampai progress bar-nya selesai dan jumlah email spam sudah tampil semua. Jika sudah, pilih account spam tersebut, kemudian klik kanan dan pilih menu Delete
- SSH ke server kemudian dengan hak akses root buat dan jalankan script ini :https://support.excellent.co.id/knowledge-base/script-untuk-menghapus-email-spam-di-queue-zimbra-mail-server/
/srv/pfdel vivianchow@excellent.id
Menghentikan Spam Baru
Untuk mencegah/mengurangi masuknya email spam baru, mungkin bisa mencoba 2 layanan yang dimanage oleh Excellent :
- Layanan Cloud Anti Spam, Anti Virus dan MX Backup : https://www.excellent.co.id/asav/, berfungsi sebagai scan email masuk dari kemungkinan spam dan virus, sekaligus sebagai backup MX andaikan ada gangguan pada mail server
- Layanan SMTP Relay dan Mail Gateway : https://www.excellent.co.id/smtp/, berfungsi sebagai SMTP relay sehingga mail server terhindar dari kemungkinan terkena blacklist disisi tujuan. Selain itu, SMTP relay juga bisa memberikan indikasi dan pencegahan dini terhadap kemungkinan terjadinya flooding email spam dari mail server klien