How Can We Help?

Konfigurasi Excellent SMTP Relay pada Email Server

You are here:

Excellent SMTP Relay adalah layanan dari PT. Excellent Infotama Kreasindo yang dikhususkan untuk pengiriman email keluar. Excellent SMTP Relay ditujukan kepada pelanggan yang ;

  1. Sering kirim email keluar namun IP di Blacklist
  2. Sering kirim email keluar akan tetapi tidak sampai
  3. Dan masalah pengiriman email lainnya

Untuk info berlangganan silakan masuk ke tautan berikut https://www.excellent.co.id/smtp/.

Jika Anda sudah berlangganan Excellent SMTP Relay, Anda akan mendapatkan Username dan password untuk melakukan autentikasi ke server kami. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi pada email server Anda agar pengiriman email server dapat terhubung ke SMTP Relay kami.

1. Jika Menggunakan Zimbra Versi 8.5/8.6/8.7/8.8

su - zimbra
echo relay.excellent.co.id USERNAME:PASSWORD > /opt/zimbra/conf/relay_password
postmap /opt/zimbra/conf/relay_password
postmap -q relay.excellent.co.id /opt/zimbra/conf/relay_password
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpSaslPasswordMaps lmdb:/opt/zimbra/conf/relay_password
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpSaslAuthEnable yes
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpCnameOverridesServername no
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpTlsSecurityLevel may
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpSaslSecurityOptions noanonymous
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaRelayHost relay.excellent.co.id:587

2. Jika Menggunakan Zimbra Versi 8.0.x

su - zimbra
echo relay.excellent.co.id USERNAME:PASSWORD > /opt/zimbra/conf/relay_password
postmap hash:/opt/zimbra/conf/relay_password
postmap -q relay.excellent.co.id /opt/zimbra/conf/relay_password
zmlocalconfig -e postfix_smtp_sasl_password_maps=hash:/opt/zimbra/conf/relay_password
zmlocalconfig -e postfix_smtp_sasl_auth_enable=yes
zmlocalconfig -e postfix_smtp_cname_overrides_servername=no
zmlocalconfig -e postfix_smtp_tls_security_level=may
zmlocalconfig -e postfix_smtp_sasl_security_options=noanonymous
zmlocalconfig -e postfix_smtp_use_tls=yes
postconf -e smtp_use_tls=yes
postconf -e smtpd_use_tls=yes
postfix reload
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaRelayHost relay.excellent.co.id:587

3. Jika Menggunakan Zimbra versi 7.x

su - zimbra
echo relay.excellent.co.id USERNAME:PASSWORD > /opt/zimbra/conf/relay_password
postmap /opt/zimbra/conf/relay_password
postmap -q relay.excellent.co.id /opt/zimbra/conf/relay_password
postconf -e smtp_sasl_password_maps=hash:/opt/zimbra/conf/relay_password
postconf -e smtp_sasl_auth_enable=yes
postconf -e smtp_sasl_security_options=noanonymous
postconf -e smtp_tls_security_level=may
zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaRelayHost relay.excellent.co.id:587
postfix reload

4. Jika Menggunakan Postfix

# Buat file sasl_password
vi /etc/postfix/sasl_passwd

# Isi dengan isian berikut

[relay.excellent.co.id]:587 USERNAME:PASSWORD
# Simpan konfigurasi dan lakukan postmap
postmap /etc/postfix/sasl_passwd
# Berikan hak akses dan ubah permission
chown root:root /etc/postfix/sasl_passwd /etc/postfix/sasl_passwd.db
chmod 0600 /etc/postfix/sasl_passwd /etc/postfix/sasl_passwd.db
# Salin file main.cf dan lakukan perubahan seperti berikut
cp /etc/postfix/main.cf /etc/postfix/main.cf.backup
# Sesuaikan isian pada relayhost
relayhost = [relay.excellent.co.id]:587# enable SASL authentication
smtp_sasl_auth_enable = yes
# Disallow autentikasi anonymous
smtp_sasl_security_options = noanonymous
# Lokasi file sasl_passwd
smtp_sasl_password_maps = hash:/etc/postfix/sasl_passwd
# Enable STARTTLS encryption
smtp_use_tls = yes
# Lokasi file CA
smtp_tls_CAfile = /etc/ssl/certs/ca-certificates.crt

5. Jika Menggunakan MDaemon

– Pilih Setup menu, dan click Server Setting
– Pada bagian Ports, pastikan port outgoing menggunakan port 587
– Pada bagian Delivery configuration, isi konfigurasi server, username dan password yang diberikan
– Jika konfigurasi hendak dilakukan perdomain, dapat masuk pada menu Setup | Domain Manager | (nama domain) | Smart Host.
Note : Tanda (`) merupakan backtick, bukan kutip satu
Jika mengalami kendala pada saat konfigurasi, silakan hubungi team support kami pada alamat email customercare@excellent.co.id atau membuat tiket pada https://support.excellent.co.id.