How Can We Help?
Konfigurasi Excellent SMTP Relay pada Email Server
Excellent SMTP Relay adalah layanan dari PT. Excellent Infotama Kreasindo yang dikhususkan untuk pengiriman email keluar. Excellent SMTP Relay ditujukan kepada pelanggan yang ;
- Sering kirim email keluar namun IP di Blacklist
- Sering kirim email keluar akan tetapi tidak sampai
- Dan masalah pengiriman email lainnya
Untuk info berlangganan silakan masuk ke tautan berikut https://www.excellent.co.id/smtp/.
Jika Anda sudah berlangganan Excellent SMTP Relay, Anda akan mendapatkan Username dan password untuk melakukan autentikasi ke server kami. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi pada email server Anda agar pengiriman email server dapat terhubung ke SMTP Relay kami.
1. Jika Menggunakan Zimbra Versi 8.5/8.6/8.7/8.8
su - zimbra echo relay.excellent.co.id USERNAME:PASSWORD > /opt/zimbra/conf/relay_password postmap /opt/zimbra/conf/relay_password postmap -q relay.excellent.co.id /opt/zimbra/conf/relay_password zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpSaslPasswordMaps lmdb:/opt/zimbra/conf/relay_password zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpSaslAuthEnable yes zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpCnameOverridesServername no zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpTlsSecurityLevel may zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaSmtpSaslSecurityOptions noanonymous zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaRelayHost relay.excellent.co.id:587
2. Jika Menggunakan Zimbra Versi 8.0.x
su - zimbra echo relay.excellent.co.id USERNAME:PASSWORD > /opt/zimbra/conf/relay_password postmap hash:/opt/zimbra/conf/relay_password postmap -q relay.excellent.co.id /opt/zimbra/conf/relay_password zmlocalconfig -e postfix_smtp_sasl_password_maps=hash:/opt/zimbra/conf/relay_password zmlocalconfig -e postfix_smtp_sasl_auth_enable=yes zmlocalconfig -e postfix_smtp_cname_overrides_servername=no zmlocalconfig -e postfix_smtp_tls_security_level=may zmlocalconfig -e postfix_smtp_sasl_security_options=noanonymous zmlocalconfig -e postfix_smtp_use_tls=yes postconf -e smtp_use_tls=yes postconf -e smtpd_use_tls=yes postfix reload zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaRelayHost relay.excellent.co.id:587
3. Jika Menggunakan Zimbra versi 7.x
su - zimbra echo relay.excellent.co.id USERNAME:PASSWORD > /opt/zimbra/conf/relay_password postmap /opt/zimbra/conf/relay_password postmap -q relay.excellent.co.id /opt/zimbra/conf/relay_password postconf -e smtp_sasl_password_maps=hash:/opt/zimbra/conf/relay_password postconf -e smtp_sasl_auth_enable=yes postconf -e smtp_sasl_security_options=noanonymous postconf -e smtp_tls_security_level=may zmprov ms `zmhostname` zimbraMtaRelayHost relay.excellent.co.id:587 postfix reload
4. Jika Menggunakan Postfix
# Buat file sasl_password
vi /etc/postfix/sasl_passwd
# Isi dengan isian berikut
[relay.excellent.co.id]:587 USERNAME:PASSWORD
# Simpan konfigurasi dan lakukan postmap
postmap /etc/postfix/sasl_passwd
# Berikan hak akses dan ubah permission
chown root:root /etc/postfix/sasl_passwd /etc/postfix/sasl_passwd.db chmod 0600 /etc/postfix/sasl_passwd /etc/postfix/sasl_passwd.db
# Salin file main.cf dan lakukan perubahan seperti berikut
cp /etc/postfix/main.cf /etc/postfix/main.cf.backup
# Sesuaikan isian pada relayhost
relayhost = [relay.excellent.co.id]:587# enable SASL authentication smtp_sasl_auth_enable = yes
# Disallow autentikasi anonymous
smtp_sasl_security_options = noanonymous
# Lokasi file sasl_passwd
smtp_sasl_password_maps = hash:/etc/postfix/sasl_passwd
# Enable STARTTLS encryption
smtp_use_tls = yes
# Lokasi file CA
smtp_tls_CAfile = /etc/ssl/certs/ca-certificates.crt
5. Jika Menggunakan MDaemon
– Pilih Setup menu, dan click Server Setting
– Pada bagian Ports, pastikan port outgoing menggunakan port 587
– Pada bagian Delivery configuration, isi konfigurasi server, username dan password yang diberikan
– Jika konfigurasi hendak dilakukan perdomain, dapat masuk pada menu Setup | Domain Manager | (nama domain) | Smart Host.
Note : Tanda (`) merupakan backtick, bukan kutip satu
Jika mengalami kendala pada saat konfigurasi, silakan hubungi team support kami pada alamat email customercare@excellent.co.id atau membuat tiket pada https://support.excellent.co.id.